Selasa, 16 November 2010

Pertentangan Sosial dan Integrasi Masyarakat

Didalam kehidupan sosial manusia mempunyai beragam kepentingan yang berbeda-beda, perbedaan kepentingan inilah yang biasanya yang menjadi salah satu penyebab terjadinya diskriminasi sosial. kepentingan orang yang berbeda-beda seringkali selalu bergesekan dan membuat onar dilingkungan yang selalu memberi cap bahwa Negara Indonesia memiliki masyarakat yang bertempramental tinggi.
Diskriminasi merupakan suatu tindakan oknum-oknum tertentu yang yang mengkambing hitamkan seseorang karena dirinya merasa benar sendiri sehingga mengadu domba agar orang lain yang mendengar omongannya menjadi tersulut emosi dan terjadilah keributan. selain itu ada yang namanya ethosentris, menurut saya ethosentris merupakan suatu tindakan seseorang yang selalu meremehkan orang yang masih asing dimata dia. ethosentris pun bisa mnjadi penyebab adanya kesalah pahaman dimasyarakat karena cara pandangnya terhadap orang lain yang sangat tidak bermasyarakat.
Akhir-akhir ini sering kali terjadi pertentangan dan ketegangan di masyarakat contohnya tawuran antar pelajar dan yang baru-baru ini terjadi adalah tawuran pendukung didalam siding kasus perkelahian dan berujung pembunuhan di kafe ternama pada waktu lalu, kalau dilihat sebenarnya masalahnya sepele tetapi karena ada diskriminasi jadilah keributan antar pendukung terdakwa dan pendukung si korban. tawuran berakar hingga terjadi ditengah jalan raya yang pada jam-jam sibuk selalu dipenuhi kendaraan orang-orang yang telah bekerja dari pagi. akibat tawuran tersebut lebih dari 1 orang tewas karena penganiayaan yang dilakukan oleh oknum-oknum yang merasa dirinya berada dipihak yang paling benar padahal setelah kejadian itu mereka menjadi DPO untuk polisi dan menjadi buronan serta harus menanggung apa yang telah mereka perbuat saat itu. dalam jangka waktu yang singkat polisi dapat meringkus beberapa orang yang akan dijadikan tersangka dalam kerusuhan saat itu.
Ini biasanya terjadi karena golongan-golongan yang berbeda, golongan tersebut dapat dikatakan sebagai golongan yang tidak pernah memikirkan dampak negative dari apa yang dilakukan mereka sehingga golongan tersebut biasanya melakukan sesuatunya sesuka hati. dan biasanya pemerintah yang bersangkutan selalu melakukan integrasi sosial. yang dimakdsud integrasi sosial merupakan suatu proses untuk menggabungkan segala sesuatu perbedaan yang ada dalam kehidupan sehari-hari.

0 komentar:

Posting Komentar