Jumat, 12 November 2010

Pelapisan Sosial dan Kesamaan Derajat

Dilihat dari namanya pelapisan sosial dapat diartikan perbedaan tinggi dan rendahnya kedudukan atau posisi seseorang dalam kelompoknya. pelapisan sosial terjadi sejak lama dan itu terjadi secara turun temurun karena dari orang tua terdahulunya telah mempunyai standar untuk bersosialisasi. 


sejumlah sarjanawan memberikan teori tentang pelapisan sosial antara lain :
1. Aristoteles mengatakan bahwa di dalam tiap - tiap negara terdapat tiga unsur, yaitumereka yang kaya sekali, mereka yang melarat sekali, dan mereka yang berada ditengah-tengahnya. disini Aristoteres membagi masyarakat berdasarkan dimensi ekonomi sehingga ada orang yang kaya, menengah, dan melarat.
2. Prof. Dr. selo sumardjan dan soelaiman soemardi SH. MA. menyatakan sebagai berikut : bahwa di dalam setiap masyarakat ada sesuatu yang dihargai olehnya dan setiap masyarakat pasti mempunyai sesuatu yang dihargainya, maka barang itu yang akan menjadi sistem berlapis dalam masyarakat.
3.Vilfredo pareto, sarjana italia menyatakan bahwa ada 2 kelas yang berbeda setiap waktu yaitu golongan elite dan golongan non elite.menurut dia pangkal dari perbedaan  karena adanya orang-orang yang memiliki kecakapan, watak, keahlian, dan kapasitas uang berbda-beda.


Didalam kehidupan bermasyarakat kita yang termasuk sebagai makhluk sosial sangatlah tidak diperbolehkan membeda-bedakan kedudukan karena pada dasarnya semua makhluk individu saling membutuhkan satu sama lain. contoh kecilnya adalah seorang wanita yang hendak melahirkan, pada saat itu dia sangat memerlukan bantuan seorang bidan ataupun dokter yang ahli di bidang itu.
kalau kita lihat ada 4 pasal tentang persamaan hak yaitu : pasal 27, 28, 29, dan 31.


Dalam pengertian umum elite dapat diartikan sebagai sekelompok orang yang ada di dalam masyarakat yang menempati kedudukan tertinggi. pada dasarnya kelompok elite adalah sekelompok orang yang terkemuka di bidang tertentu. fungsi elite di dalam masyarakat sangat penting karena biasanya elite mempunyai pemikiran yang sangat jernih dan kualitas tinggi.
istilah massa dipergunakan untuk pengelompokankolektif yang elementer dan spontan, yang dalam crowdtetapi yang secara fundamentalberbeda dengannya dalam hal-hal lain.
massa mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
a. kelompokannya berasal dari individu yang berbeda kedudukan dan berasas sosial.
b. massa merupakan kelompok yang anonim atau yang lebih tepat tersusun dari individu-individu yang anonim
c. sedikit interaksi dan bertukar pengalaman dengan anggota-anggotanya.

0 komentar:

Posting Komentar