Selasa, 07 Desember 2010

Agama dan Masyarakat


Agama, semua makhluk yang ada didunia ini pasti akan langsung teringat pada tuhan yang menciptakannya, di dalam kehidupan bermasyarakat agama mempunyai fungsi yang sangat sentral.
fungsi agama antara lain :
  1. sebagai patokan umatnya
  2. sebagai jembatan untuk silaturahmi
  3. membuat manusia menjadi tenang, karena merasa dekat dengan sang pencipta.

Selain itu didalam beragama harus mempunyai komitmen, komitmen dalam beragama ada 5 (lima) yaitu : keyakinan, pengkhayatan, konsekuensial, ritual, dan pengetahuan.

Kaitan agama dalam masyarakat dapat memunculkan 3 tipe, meskipun tidak menggambarkannya secara utuh (Elizabeth K. Notingham 1954)
a. Masyarakat yang terbelakang dan Nilai-nilai sacral
Masyarakat tipe ini kecil, terisolasi, terbelakang.
b. Masyarakat praindustri yang sedang berkembang
Keadaan masyarakatnya tidak terisolasi, ada perkembangan teknologi yang lebih tinggi.

Para sosiolog cenderung untuk memperhatikan paling sedikit 4 kelompok lembaga-lembaga yang penting (yang dapat dijabarkan ke dalam kategori-kategori yang lebih kecil dan khusus), yakni:
1. Lembaga-lembaga politik yang ruang lingkupnya adalah penerapan kekuasaan dan monopoli pada penggunaan kekuasaan secara sah.
2. Lembaga-lembaga ekonomi yang mencakup produksi dan distribusi barang dan jasa.
3. Lembaga-lembaga integrative-ekspresif, yang menurut Inkeles adalah (Alex inkeles 1965: 68).
“… Those dealing with the arts, drama, and recreation..This group also includes institutions which deal with ideas, and with the transmission of received values. We may, therefore, include scientific, religius, philosophical, and educational organizations within this category”.
4. Lembaga-lembaga kekerabatan mencakup kaedah-kaedah yang mengatur hubungan seksual serta pengarahan terhadap golongan muda

Dan didalam kehidupan bermasyarakat sering sekali terjadi konflik yang membawa-bawa agama. seperti yang baru-baru ini terjadi pada jemaat gereja HKBP yang berlokasi dijalan ciketing, narogong bekasi. tempat mereka beribadat dirusak oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan lagi-lagi agama iskam lah yang disalahkan sebagai penyebabnya. padahal pihak yang berwajib pun belum memberikan satu pun orang yang dituju sebagai yang bertanggung jawab atas semuanya.

0 komentar:

Posting Komentar