Kamis, 01 November 2012

Berwisata ke Situ Patenggang


Pada saat mendapati libur long week end saya mengunjungi kawasan wisata di jawa barat, Situ Patenggang. Ini merupakan wisata alam yang sangat menarik. 
Pemandangan danau yang sangat luas menurut saya sangat indah. Di tengah-tengah danau ini ada sebuah pulau kecil.

Pengunjung dapat mendarat di pulau tersebut dengan menaiki perahu motor dengan tarif yang murah. Atau juga bisa dengan menyewa perahu bebek dan mengayuh hingga ke pulau. 

Perjalanan ke situ patengggang saya awali dari rumah saya di cileungsi, Bogor. Saya berangkat setelah solat subuh, dan mengendarai mobil. Masuk ke tol Cikampek yang saat itu cukup lengang saya tempuh kurang dari satu jam, dan saya lanjutkan menuju akses tol Cipularang yang juga relativ lengang. 

Untuk sampai ke Situ patenggang, pengendara mobil pribadi harus exit di gerbang tol Kopo. Saya pun melanjutkan perjalanan mengarah Kabupaten Bandung Selatan, melewati jalan raya Kopo, dan lewat depan Lanud Sulaiman. Dan setelah melewati beberapa jalan yang cukup macet, sayapun memasuki kawasan Ciwidey yang tak lain adalah wilayah Situ Patenggang. Akses jalan menuju situ patenggang cukup berliku dan menanjak. 

Pemandangan selama perjalanan cukup indah, namun sayangnya lebar jalannya sempit. Apalagi saya harus berbagi dengan bus-bus yang lalu lalang.

Seharusnya Pemda Jabar harus lebih meningkatkan akses menuju objek wisata ini. Potensi wisata alam yang cantik ini sangat besar sekali. 

Memasuki area wisata situ patenggang dikenai biaya dibawah sepuluh ribu rupiah per orang. Menurut saya tarif segitu sangat murah karena kita akan mendapati pemandangan danau romantis layaknya di eropa.

0 komentar:

Posting Komentar